Senin, 24 Juni 2013

Garuda Indonesia Implementasikan Sistem Layanan Penumpang Baru

Sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa dan sejalan dengan persiapan yang dilakukan perusahaan untuk bergabung dengan aliansi global SkyTeam, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. akan melaksanakan peningkatan sistem reservasi dan layanan pada Sabtu, 29 Juni 2013.

Peningkatan sistem layanan penumpang tersebut dilaksanakan melalui penerapan “The Altéa Passenger Services System” (PSS) yang dikembangkan oleh Amadeus. Sistem baru tersebut akan menggantikan sistem reservasi lama Garuda Indonesia, “Automatic Reservation Garuda Indonesia” (ARGA), yang telah dipergunakan sejak tahun 1987.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, implementasi “The Altéa PSS” tersebut merupakan bagian dari program transformasi dan ekspansi perusahaan melalui program “Quantum Leap 2011-2015”. “Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang, frekuensi penerbangan, dan jumlah armada, Garuda Indonesia memerlukan sistem yang mampu menghadirkan pelayanan terbaik untuk kenyamanan pengguna jasa,” ujar Emirsyah.

Melalui program “Quantum Leap 2011-2015”, pada tahun 2015 Garuda Indonesia dan Citilink akan mengoperasikan sebanyak 194 armada, dari saat ini sebanyak 112 armada, dan melayani sebanyak 45,4 juta penumpang, dari saat ini sebanyak 20,4 juta penumpang. Frekuensi penerbangan diperkirakan meningkat menjadi 1.100 penerbangan per hari, dari saat ini sebanyak 400 penerbangan per hari.

Emirsyah menambahkan, penerapan sistem layanan penumpang baru ini juga dilaksanakan sebagai salah satu tahap persiapan Garuda Indonesia untuk bergabung dengan aliansi global SkyTeam. Dalam kaitan dengan rencana tersebut, Garuda Indonesia harus memiliki sistem yang setara (“on par”) dan terintegrasi dengan sistem yang digunakan oleh perusahaan penerbangan global lain yang tergabung dengan SkyTeam, maupun dengan airline lain yang memiliki kerjasama dengan perusahaan.
“Implementasi sistem baru ini juga diharapkan dapat terus meningkatkan produktifitas, efisiensi, dan kehandalan layanan Garuda Indonesia ke depannya. Sistem baru ini diharapkan dapat mendukung program transformasi perusahaan sejalan dengan visinya menjadi “Global Player” serta untuk menjawab kebutuhan perusahaan seiring dengan perkembangan pasar penerbangan domestik dan internasional,” katanya.

“The Altéa PSS” merupakan salah satu sistem utama yang digunakan mulai dari pelayanan kepada penumpang yang mencakup tahapan penjualan, ticketing, check-in di bandara, pengaturan jadwal penerbangan, inventory, alokasi seat di pesawat, pengelolaan fare & pricing, bagasi penumpang, hingga codeshare dan interline serta layanan lainnya. Sistem layanan penumpang ini telah digunakan oleh anggota-anggota SkyTeam, seperti KLM, Air France, TAROM, Air Europa, Czech Airlines, MEA, dan lainnya, serta lebih dari 160 maskapai di dunia.

Dalam kaitan dengan peningkatan sistem layanan penumpang tersebut, Garuda Indonesia akan melaksanakan proses “cut-over” dari sistem lama ke sistem baru pada tanggal 29 Juni 2013, dari pukul 21.00 WIB hingga tanggal 30 Juni 2013, pukul 11.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar